04 Dec

Guest Lecture FSTP "Accelerating Digital Transformation with Artificial Intelligence"

Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan (FSTP) Universitas Muhammadiyah Lamongan menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “Accelerating Digital Transformation with Artificial Intelligence” pada Kamis 26 Oktober 2023 secara Hybrid (Online dan Offline). Narasumber pada Kuliah Tamu ini adalah Peng Wang, Ph.D selaku Chief Technology Officer di Shiant Corporation, Portland, Oregon, United States.

Peserta pada acara Kuliah Tamu kali ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, mulai dari Program Studi S1 Fisika, S1 PGSD, S1 Biologi, S1 Teknik Komputer, S1 Teknik Industri, dan S1 Informatika Medis dengan total mahasiswa sebanyak 200 orang lebih.

Digital transformation adalah proses yang diterapkan organisasi untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam sebuah bisnis. Memahami digital transformation sangatlah penting untuk mempermudah bisnis saat ini. Sedangkan AI (Artificial Intelligence) adalah kemampuan mesin untuk meniru kecerdasan manusia. Menurut Mr. Peng Wang Artificial Intelligence memang biasanya digunakan untuk meningkatkan sebuah bisnis, maka dari itu mempercepat digital transformation menggunakan Artificial Intelligence adalah salah satu upaya yang sangat tepat dilakukan pada era ini. Tidak hanya itu, Mr. Peng Wang juga menjelaskan beberapa contoh AI yang sudah di terapkan di US dan China, diantaranya adalah Business Card, membentuk Personal Assistant di sebuah kantor, membuat studio sesuai dengan bentuk yang diinginkan, membangun sebuah Conference Room, dan masih banyak lagi.

            Para peserta Kuliah Tamu sangat antusias dalam mengikuti kuliah tamu tersebut karena narasumbernya memberikan materi dengan sangat jelas dan interaktif, kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog (tanya jawab).

Related Posts