04 Dec

Dosen FSTP Melakukan Hilirisasi Penelitian terkait banjir Lewat Pengabmas

Dosen Teknik Komputer dan Fisika, Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) menyelenggarakan pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Pemberdayaan Masyarakat Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Melalui Aplikasi Sistem Informasi Geografis dan Pemetaan Bencana Banjir di Desa Sidomulyo, Deket Kabupaten Lamongan. Pemberdayaan Masyarakat tersebut merupakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) yang diketuai Mala Rosa Aprillya, M.Kom dari prodi Teknik Komputer. Kegiatan yang diikuti 25 peserta terdiri atas Pemerintah Desa Sidomulyo serta perwakilan masyarakat desa, dan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan.


Dekan Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan (FSTP) Eko Handoyo, M.Kom mengatakan bahwa sebagai dosen harus aktif ikut serta dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat desa, dengan hadir di tengah-tengah untuk membantu engatasi problematika yang dihadapi masyarakat desa. “Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan harus terintegrasi dengan hasil riset yang telah dilakukan. Sehingga, hasil-hasil riset yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, tidak berhenti hanya sampai luaran riset. Tetapi ada implementasi nyata yang dituangkan dalam bentuk kegiatan pengabdian untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekitar,’’ ujarnya.

 

Kegiatan pengabmas merupakan hilirisasi dari hasil riset yang mendapatklan pendanaan Dikti di Tahun 2021 pada Penelitian Dosen Pemula (PDP) yang diketuai oleh Mala Rosa Aprillya, M.Kom.

Riset tersebut mendapatkan pendanaan dari Dikti di tahun 2021 “Untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir maka diperlukan adanya ketersediaan data dan informasi yang akurat bagi masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk [1] pembuatan peta rawan bencana secara partisipatif meliputi peta zona aman memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap kondisi lingkungan yang berkaitan dengan banjir dan [2] memberikan aplikasi sistem informasi geografis (SIG) agar dapat memberikan informasi pemetaan secara realtime,’’ jelas Mala Rosa Aprillya, M.Kom.

Sementara itu, BPBD mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kita sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Diharapkan ke depannya UMLA dengan BPBD
terus bersinergi untuk mensukseskan program Desa Tangguh Nasional (Destana). Dan kami
sangat welcome apabila ada beberapa rekan dari mahasiswamahasiwa UMLA untuk bergabung
dengan kami,’’ kata Gunawan, M.M selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPPB Lamongan.

Sekertaris Desa Sidomulyo juga sangat mengapresiasi kegiatan pengabmas dan menyambut baik serta mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.